SILABUS : Desain Grafis dan Multimedia

 



Deskripsi Matakuliah :
Mata kuliah Multimedia membahas tentang pengantar multimedia, desain dengan menggunakan gambar dan tekniknya, animasi dan video. Diharapkan bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini mendapatkan bekal yang cukup dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang berhubungan dengan multimedia, seperti desain grafis, pembuatan iklan, perfilman, dan sebagainya. Monitoring dan umpan balik dari mahasiswa akan dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Monitoring dan umpan balik akan dilakukan di akhir semester sebagai masukan untuk perbaikan di tahun berikutnya. Sistem evaluasi dilakukan melalui penilaian tugas mandiri terstruktur, kuis, nilai kerja di dalam kelas, ujian tengah semester dan ujian akhir semester, kreatifitas, keaktifan, daya juang, dan teamwork.

Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK) :
1. Mampu memahami dasar-dasar desain grafis , komputer grafis dan Mutimedia
2. Mampu mengaplikasikan dalam pembuatan berbagai aplikasi desain grafis dengan menggunakan berbagai software komputer grafis dan multimedia

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) :
Sikap
Menunjukkan Sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
CP Keterampilan Khusus
Mampu Menggunakan aplikasi Desain Grafis dan Multimedia untuk diaplikasikan dalam membuat desain dan objek serta mengembangkannya.
CP Pengetahuan
Mampu menjelaskan prinsip dasar dalam pengembangan Desain Grafis dan Multimedia

Minggu ke - 1 : Aspek desain grafis dalam komunikasi
Minggu ke - 2 : Membuat aplikasi desain grafis berupa 1. Prinsip desain 2. Prinsip kerja software
Minggu ke - 3 : Mahasiswa dapat membuat produk multimedia dengan pengelolaan teks dan gambar
Minggu ke - 4 : Mahasiswa dapat membuat produk multimedia dengan pengelolaan teks dan gambar
Minggu ke - 5 : Mahasiswa dapat membuat produk multimedia dengan pengelolaan Bentuk
Minggu ke - 6 : Mahasiswa dapat membuat produk multimedia dengan pengelolaan Bentuk
Minggu ke - 7 : Mahasiswa dapat membuat produk animasi
Minggu ke - 8 : UTS- UJIAN TENGAH SEMESTER
Minggu ke - 9 : Mahasiswa dapat membuat produk animasi
Minggu ke - 10 : Mahasiswa dapat membuat produk multimedia berupa video
Minggu ke - 11 : Mahasiswa dapat membuat produk multimedia berupa video
Minggu ke - 12 : Mahasiswa dapat membuat produk aplikasi media interaktif
Minggu ke - 13 : Mahasiswa dapat membuat produk aplikasi media interaktif
Minggu ke - 14 : Mahasiswa dapat membuat produk aplikasi media interaktif
Minggu ke - 15 : Mahasiswa dapat membuat produk yang ditawarkan
Minggu ke - 16 : UAS - UJIAN AKHIR SEMESTER


BOBOT PENILAIAN
GRADING Nilai Range
A                  80 - 100
A-                 75 - 79
B+                70 - 74
B                  60 -69
B-                 55 -59
C                  50 -54
D                  <50

METODA EVALUASI
Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan prosentase pembobotan sebagai berikut:

No.   Komponen   Bobot
1       UTS               20 %
2       UAS               20 %
3       Tugas             20 %
4       Attitude         20 %
5      Kehadiran       20 %

                Total      100%


Books References :

1.  TM Zaini, Ossy, 2019, Desain Grafis Multimedia & Aplikasi, DJ Press.
2.  Hendi, 2018, Computer Graphic Design, Informatika.
3.  Suyanto, M, 2006, Multimedia,Andi.
4.  Hendi Hendratman, 2007, The Magic Of Studiomax, Infromatika.
5.  Lea Wilsen, 2017, Cepat Mahir Membuat Film Animasi 3D, Elex Media Komputindo.
6. Rickman Roedavan, 2014, Unity Tutorial Game Engine, Informatika. 

Medsos :
e-mail : tmzaini@darmajaya.ac.id
YouTube Channel :   TM Zaini      hejo-lampung  
Website :   s.id/webtmzaini 
Landing Page : https://desty.page/tmzaini  
Blog : 
https://tmzaini.blogspot.com/
https://tmzaini.blogspot.com/2024/12/desain-grafis-multimedia-aplikasi.html





Komentar